UPGRADING SLIMS DEMI LAYANAN YANG LEBIH BAIK

Perpustakaan Politeknik Keuangan Negara STAN baru saja menyelenggarakan Workshop Pengembangan SLiMS. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 25 Februari 2022 dan 15 Maret 2022 yang dilangsungkan secara hybrid di Perpustakaan PKN STAN dan melalui aplikasi Zoom Meeting.

Acara ini mengundang dua narasumber, yaitu Bapak Erwan Setyo Budi Pustakawan Poltekkes Semarang yang juga merupakan pengembang aplikasi SLiMS, serta Bapak Iskandar Kepala Perpustakaan Universitas Budhi Dharma Tangerang. Peserta dalam kegiatan ini adalah seluruh pustakawan dan pengelola perpustakaan PKN STAN, serta perwakilan dari Unit Sistem Informasi PKN STAN. Kepala Unit Perpustakaan PKN STAN, Bapak Ambang Aries Yudanto dalam pembukaan acara menyampaikan terima kasih kepada narasumber yang telah bersedia melakukan sharing knowledge dalam kegiatan ini. Beliau juga menyampaikan bahwa saat ini perpustakaan PKN STAN sedang dalam proses untuk persiapan akreditasi, dan kegiatan workshop SLiMS ini diharapkan menjadi nilai tambah di bidang otomasi perpustakaan selain tentunya dapat mempermudah pekerjaan pustakawan.

Dalam workshop ini, kami melakukan upgrading SLiMS dari versi 8 (Akasia) ke versi 9 (Bulian), serta melakukan instalasi plugin-plugin yang berguna untuk pengelolaan koleksi perpustakaan. Adapun rincian kegiatan dalam workshop ini adalah sebagai berikut:
1. Praktik melakukan copy cataloging dari Inlislite Perpusnas, Library of Congress, dan sesama pengguna SLiMS.
2. Instalasi plugin :
– Copy cataloging
– Notifikasi keterlambatan buku melalui surel dan WA
– 10 peminjam terbanyak
– Grafik peminjam buku berdasarkan klasifikasi buku
– Grafik peminjaman buku per bulan dan per tahun
– 10 pengunjung teraktif
– Grafik jumlah denda keterlambatan
– Visitor Counter dan statistik pengunjung
– Buku Induk
– Pendaftaran Anggota Secara Mandiri
– Keterangan Bebas Pustaka
3. Diskusi dan Tanya jawab

Dalam kegiatan ini, banyak sekali wawasan yang kami peroleh dari kedua narasumber, baik terkait pemanfaatan SLiMS di perpustakaan Poltekkes Semarang dan Universitas Buddhi Dharma, maupun dari sharing pengalaman mereka, khususnya yang terkait dengan pengelolaan perpustakaan dan kepustakawanan.

Acara ini merupakan salah satu upaya kami dalam hal pengembangan sistem informasi perpustakaan, khususnya dalam hal otomasi perpustakaan. Langkah selanjutnya setelah workshop ini adalah melakukan pengaturan agar SLiMS yang saat ini hanya bisa diakses menggunakan jaringan lokal Kemenkeu, dapat diakses secara online oleh seluruh sivitas akademika PKN STAN dan masyarakat umum kapan saja dan dimana saja.

Penulis:
Rahmat Hidayat
Pustakawan Ahli Pertama PKN STAN

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top