RAYAP DAN HAMA LAINNYA?! JAUH-JAUH DULU YAAA

Tangerang Selatan, 23 Februari 2022

Halo sobat perpus, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga dalam keadaan sehat ya.

Hari ini, Perpustakaan PKN STAN memulai kegiatan fumigasi yang rencananya akan dilakukan selama 3 hari, mulai tanggal 23 Februari 2022 sampai dengan tanggal 26 Februari 2022. Oleh karena itu, selama dilakukan fumigasi, seluruh layanan luring perpustakaan ditutup, guna melindungi pemustaka dari dampak bahan fumigasi yang digunakan.

Fumigasi akan dilakukan di beberapa ruangan, yaitu di Ruang KTTA dan Skripsi, Ruang Peminjaman Literatur, Ruang Sirkulasi, dan Ruang Baca. Sebenarnya apa sih fumigasi itu? Mari kita simak sama-sama penjelasannnya.

Fumigasi (berasal dari bahasa Inggris fume yang berarti asap), adalah sebuah metode pengendalian hama menggunakan pestisida. Dalam prosesnya, sebuah area akan secara menyeluruh dipenuhi oleh gas atau asap, membunuh semua hama di dalamnya. Metode ini dapat membunuh hama yang hidup di dalam struktur bangunan, misalnya rayap. (Baur, Fred. Insect Management for Food Storage and Processing. American Ass. of Cereal Chemists. hlm. 162–165. ISBN 0913250384).

Sedangkan fumigasi perpustakaan dapat diartikan sebagai kegiatan fumigasi yang dilakukan di sebuah bangunan perpustakaan sebagai langkah untuk merawat bahan pustaka, dengan cara mencegah dari kerusakan yang diakibatkan oleh serangga, seperti rayap dan kutu buku.

Ada banyak bahan kimia yang bisa dimanfaatkan dalam proses pembasmian hama melalui teknik pengasapan ini, seperti Metil Bromida, Chloropicrin, maupun Formaldehida. Untuk fumigasi di Perpustakaan PKN STAN kali ini menggunakan zat aktif alumunium Phospide, yang berbentuk tablet bundar yang nantinya akan menguap dalam beberapa hari.

Adapun langkah-langkah yang diakukan dalam fumigasi ini yaitu:
1. Pada hari rabu, 23 Februari 2022 akan dilakukan :
– penutupan lubang di plafon dan lubang ventilasi lainnya;
– melakukan treatment dengan menaruh Chemical di spot-spot yang telah ditentukan pada saat survey
2. Setelah 2-3 hari dilakukan penutupan/penyegelan ruangan, akan dilakukan pembersihan semua bekas Chemical dan hama-hama yang sudah mati di dalam area fumigasi.

Beberapa manfaat fumigasi yang diharapkan untuk perpustakaan PKN STAN antara lain:
– Kerusakan buku dan bahan pustaka lainnya yang diakibatkan oleh serangga dapat dicegah.
– Dari sisi keuangan, kegiatan fumigasi dapat mengurangi pengeluaran untuk belanja, karena jika banyak buku yang rusak akibat serangga seperti rayap, maka akan besar juga pengeluaran untuk belanja buku.

Penulis:
Rahmat Hidayat
Pustakawan Ahli Pertama PKN STAN

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top