Bedah Film “MAKRO”, Edukasi Ekonomi melalui Media Kreatif

Tangerang Selatan – Bekerjasama dengan Bank Indonesia, Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI) dan Perpustakaan PKN STAN, mahasiswa yang terpilih menjadi BI Corner Volunteer dari PKN STAN mengadakan Bedah Film “MAKRO” pada hari Jum’at (3/8). Bertempat di Area Baca BI Corner Perpustakaan PKN STAN, acara dimulai dengan sambutan Kepala Perpustakaan PKN STAN, Bapak Ambang Aries Yudanto.
Acara bedah film ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai jurusan yang sangat antusias mendengarkan materi yang disampaikan langsung oleh sutradara film pendek “MAKRO”, Ferry Irwandi. Ia menjelaskan bahwa film pendek MAKRO dibuat bukan karena sikap latah terhadap isu ekonomi yang saat itu sedang terjadi, namun melanjutkan agenda pembuatan film Kementerian Keuangan yang telah dibuat pada tahun-tahun sebelumnya. “Sebuah film bukan sebagai ajang aktualisasi diri seseorang. Membuat film harus benar-benar dapat ditonton orang, dinikmati orang, atau bahkan memberikan manfaat bagi orang-orang.” ujar Ferry. Pembuatan Film Pendek “MAKRO” dibuat dalam waktu lima bulan, dimulai dari mematangkan ide hingga proses pengambilan gambar. Selaku sutradara, Ferry mengutamakan karakter yang dimiliki seorang pemeran. Aktor yang dipilih akan diajak memerankan dirinya sendiri untuk mendapatkan karakter yang lebih alami.
Kegiatan bedah film dan diskusi ekonomi “MAKRO” ini dibagi ke dalam dua sesi. Sesi pertama yaitu bedah film pendek “MAKRO” dan sesi kedua yaitu diisi materi mengenai Edukasi Ekonomi melalui media kreatif. Diakhir sesi kedua, para mahasiswa yang hadir diajak untuk berdiskusi kelompok dan mengaplikasikan hasil diskusi dalam bentuk gambar di sebuah kertas yang telah disediakan panitia. Hadiah kepada kelompok terbaik diserahkan langsung oleh Bapak Ambang selaku Kepala Perpustakaan PKN STAN.
(ard)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top