Tangerang Selatan,
Perpustakaan merupakan tujuan utama bagi setiap civitas akademika yang ada di lingkungan kampus untuk mencari sumber informasi yang mereka butuhkan. Khususnya pada perpustakaan PKN STAN yang setiap harinya hampir tidak pernah sepi pengunjung, yang didominasi oleh mahasiswa di lingkungan PKN STAN. Selain hanya untuk belajar bersama, tentu saja mahasiswa membutuhkan referensi untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi perkuliahan yang sedang dijalani.
Pada Perpustakaan PKN STAN, ruang baca/ ruang referensi di Gedung P lantai 2 merupakan tempat yang selalu ramai dikunjungi oleh mahasiswa. Biasanya mahasiswa mencari referensi di ruang baca seperti skripsi, ktta, dan juga buku-buku yang mereka butuhkan. Sayangnya, mahasiswa masih kesulitan untuk mencari buku pada ruang baca dikarenakan tata letak buku yang masih belum sesuai dengan standar perpustakaan. Oleh karena itu, melihat hal tersebut Tim Perpustakaan PKN STAN berinisiatif untuk melalukan pengolahan buku yang ada diruang baca dengan melalui beberapa tahapan, mulai dari penginputan buku pada excel, lalu penginputan ke sistem perpustakaan, pemberian nomor barcode dan nomor panggil hingga buku kembali di tata sesuai dengan ilmu perpustakaan pada rak koleksi.
Dikarenakan proses pengolahan buku yang cukup panjang, ditambah dengan jumlah buku yang tidak sedikit, Perpustakaan PKN STAN menggandeng mahasiswa magang dari Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ditambah bantuan dari mahasiswa PKL PKN STAN untuk membantu menyelesaikan proses pengolahan buku yang ada di ruang baca. Kegiatan pengolahan ini berlangsung kuranng lebih selama 2 bulan, dengan harapan dapat memudahkan pemustaka dalam menemukan buku yang dibutuhkan. Sehingga kini ruang baca yang kemarin tidaklah sama dengan hari ini, saat ini pemustaka dapat lebih mudah menemukan koleksi buku Perpustakaan PKN STAN di ruang baca.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *