Tangerang Selatan, 05/04/2019

Hai sobat Perpus! Pernah engga sih merasa tidak nyaman dengan buku yang di pinjam dari Perpustakaan karena kondisi fisik buku yang kucel? Bahkan sampai ada yang lepas-lepas lembarannya, atau juga banyak coretan didalam buku yang kalian pinjam.

Nah, tahu engga kalau kerusakan buku itu salah satunya disebabkan karena kelalaian atau kurangnya rasa peduli kita terhadap buku tersebut. Misalnya, tanpa kita sadari ketika sedang membaca buku kita suka memberi tanda pada bagian yang kita anggap penting dengan melipat lembar bukunya, atau bahkan kita pernah mencoret bagian yang penting itu dengan alat tulis, dan yang lebih parah lagi kalau kita membaca buku yang kita pinjam dari perpustakaan dengan posisi sambil tiduran, emang sih nyaman banget baca sambil tiduran, tapi kalau saat sedang membaca tiba-tiba rasa kantuk datang dan kita tertidur bagaimana nasib bukunya? Bisa-bisa tertindih dengan badan kita dan bisa membuat fisik buku tersebut menjadi rusak.

Padahal buku yang sedang kita pinjam itu ada juga loh yang membutuhkan, coba deh bayangkan kalau koleksi yang kalian pinjam keadaannya sangat memprihatinkan, lembar kertas yang lepas, atau banyak lipatan dan banyak coret-coretan. Duhh pasti bete banget deh! Nah, mulai dari sekarang yuk kita jaga sama-sama buku yang kita pinjam dari Perpustakaan agar tidak rusak dan tetap bisa dimanfaatkan oleh kawan-kawan kita yang lain. Karena menjaga buku yang kita pinjam berarti menjaga informasi yang ada didalamnya, dan menjaga informasi buku berarti kita menjaga kecerdasan para penikmat buku yang membutuhkan informasi yang ada didalamnya.

(its)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *