Tangerang Selatan – Hai Sobat Perpus! Setiap awal semester, Perpustakaan PKN STAN melayani peminjaman buku literatur sebagai bahan pembelajaran selama satu semester. Peminjaman hanya dilayani secara kolektif setiap kelas dan sesuai dengan jadwal peminjaman. Kolektif setiap kelas yaitu perwakilan kelas (3 orang) datang ke perpustakaan menuju Ruang Literatur untuk meminjam buku yang diperlukan. Perwakilan tersebut yang nantinya akan bertanggung jawab atas peminjaman dan pengembalian buku literatur. Setelah buku dipinjam, maka diperbolehkan melakukan pembagian buku di perpustakaan. Namun, pembagian tersebut disarakan agar dilakukan di luar gedung P demi kenyamanan bersama dengan pengunjung lain. Jadwal peminjaman dapat dilihat pada link ini. Kami mohon untuk menjaga ketertiban ketika mengantri atau menunggu giliran meminjam dan datang sesuai jadwal peminjaman.

Perpustakaan berusaha untuk dapat meminjamkan semua buku yang tersedia ke semua kelas yang membutuhkan. Sehingga akan berpengaruh pada jumlah buku yang diperoleh setiap kelas. Oleh karena itu, kami mohon untuk dapat dimaklumi apabila jumlah buku yang dipinjamkan tidak mencukupi. Tentunya Perpustakaan PKN STAN selalu berusaha menyediakan buku-buku terbaru dengan jumlah yang mencukupi. Namun, dalam proses pengadaan buku tentunya terdapat beberapa tahap yang perlu dipatuhi.

Wajib diingat! Untuk dapat meminjam buku literatur, setiap kelas harus sudah melunasi peminjaman literatur di semester sebelumnya. Bagi kelas yang masih ada tanggungan buku-meskipun satu buku, maka kelas tersebut tidak dapat meminjam buku sebelum melunasi. Hal ini untuk meningkatkan kepatuhan dan tanggung jawab mahasiswa yang meminjam. Sebagai pengalaman, ketika masih ada kelas yang memiliki tanggungan buku namun diperbolehkan meminjam buku semester berikutnya, maka pinjaman semester sebelumnya bisa dilupakan bahkan hilang. Akibatnya harus mengganti.

Bagaimana jika kelas di semester sebelumnya berbeda dengan di semester selanjutnya? Maka, jika ada satu kelas yang belum mengembalikan buku, satu angkatan pada prodi tersebut belum dapat meminjam buku hingga buku lunas. Bagaimana dengan buku yang rusak atau hilang? Peminjam harus mengganti dengan buku baru sesuai dengan yang dipinjam. Kami mohon dengan sangat untuk menjaga, merawat, dan menggunakan buku pinjaman dengan baik. Apabila meminjam buku dalam kondisi baik, maka harus kembali dalam keadaan baik pula. Bayangkan jika barang kalian dipinjam teman dan dikembalikan dalam kondisi rusak. Sakit bukan?

Mari lakukan langkah kecil untuk membiasakan kebenaran, bukan membenarkan kebiasaan.

(adr)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *